Kamis, Juli 03, 2014

Kebiasaan Membuat Kebisaan

Sebetulnya banyak ide-ide cantik yang mengendap di benak saya, yang terekam dari pengalaman-pengalaman. Hanya saja untuk mengungkapnya secara tulisan tidak jadi-jadi. Selain karena sedikit ada rasa malas ditambah dengan kesempatan yang jarang tersedia. Kesibukan dan kelelahan yang menjadi terdepan paling menyita waktu saya. Ide-ide saya itu akhirnya hanya menjadi dialog bisu dalam dada, atau hanya sekedar menjadi bisikan teoritis yang menghibur perjalanan-perjalanan, lalu akhirnya tak terbekas sama sekali, lupa. Terbuang begitu saja. Sangat eman rasanya. Padahal ide-ide itu tak mungkin kembali lagi. Sebab, sudah pasti pengalaman hari kemarin sudah jauh beda dengan hari ini. Perjalanan hari ini sudah pasti beda dengan yang esok hari.

Belakangan, saya buka-buka lagi bacaan-bacaan online. Di situ saya bertemu dengan banyak penulis yang aktif dan kreatif, baik di media massa maupun media-media pribadi seperti catatan di fb dan blog. Membuat saya mulai tergugah, saya amat iri dengan mereka yang mendisiplinkan diri untuk menulis tiap hari, setidaknya ada waktu-waktu tertentu yang dispesialkan buat wajib menulis. Menulis apa saja. Sehingga, paling tidak, tulisan mereka menjadi sangat amat renyah dibaca.

Saya menjadi malu, kalau mereka bisa kenapa saya tidak? Soal waktu, bukankah mereka juga punya rutinitas di luar menulis?! Ah, alasan saya untuk mengkambing hitamkan waktu tak tersedia tidak bisa diterima. Akhirnya, bagaimanapun saya harus membiasakan menulis lagi. Dari saat ini. Dari ini.

Saya melihat, tulisan yang bagus-bagus atau karya apa saja bisa menjadi baik, berkarakter, dan profesional, karena dari kebiasaan. Maka saya yakin sekali, tanpa kebiasaan tidak ada kebisaan.

Malang, 04072014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar